Rabu, 21 September 2011

Congratulations

kisah ini ku tulis ketika sedang tak ada kerjaan. terkenang akan hari itu, 15 September 2011. dengan pena ditangan kanan, saya mencentang kolom nomor satu di buku catatan kecil saya dengan judul Daftar Impian 2011 No.1 *Wisuda bulan September. artinya, satu impian ditahun ini sudah tercapai, dan ada sembilan impian lagi yang belum tercapai. padahal penghujung tahun sudah dekat.

mengenang tentang wisuda, skripsi adalah bagian yang tak bisa dilupakan begitu saja. karena skripsi adalah saksi dari perjalanan menuju panggung wisuda. di bawah ini adalah isi garis besar skripsi saya ::



ABSTRAK
Analisis Unsur Sosio-Psikologis Novel Yin Galema Karya Ian Sancin
Septa Setia Rina
2007112305

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya melakukan penelitian sastra dari aspek unsur sosio-psikologis sastra yang merupakan ilmu gabungan antara sosiologi sastra dan psikologi sastra. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah unsur sosio-psikologi sastra yang terdapat di dalam novel Yin Galema karya Ian Sancin yaitu unsur hubungan antara kehidupan sosial masyarakat dengan gagasan dalam karya sastra, unsur kehidupan sosial masyarakat dalam novel, dan unsur sikap pengarang terhadap kehidupan sosialnya.
Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiopsikologis. Sumber data penelitian ini adalah novel Yin  Galema karya Ian Sancin. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis konten.
Berdasarkan hasil pembahasan, dapat diperoleh simpulan bahwa dalam novel Yin Galema karya Ian Sancin terdapat unsur sosio-psikologis sastra yaitu unsur hubungan antara kehidupan sosial masyarakat dengan gagasan dalam karya sastra. Misalnya, corak kehidupan sosial masyarakat Balok di Kepulauan Belitong pada tahun 1963 dengan segala adat istiadat dan sikap serta perilaku masyarakatnya yang telah diciptakan pengarang; unsur kehidupan sosial masyarakat dalam novel. Misalnya, pandangan hidup Ki Ronggo Udo sebagai seorang spritualis Kerajaan Balok, pandangan hidup Ramonda Raja dan Mak Nyayu sebagai seorang Raja dan Permaisuri Kerajaan Balok, yang tujuan akhirnya adalah untuk memahami karakteristik seseorang sebagai bagian dari kelompok masyarakat; dan unsur sikap pengarang terhadap kehidupan sosialnya. Misalnya, tokoh Yin Galema yang diciptakan pengarang sebagai tokoh utama merupakan seorang gadis berdarah Tionghoa tetapi besar di lingkungan kerajaan Melayu. Yin Galema memiliki sikap kontra terhadap apa yang telah menjadi tirani kerajaan, terlebih jika hal tersebut sudah berbau akan kekuasaan dan wanita.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds