Selasa, 18 Oktober 2011

Bunga Mimpi


Menanggapi cerita teman saya yang acap kali sering bermimpi tentang “rumah”. detailnya tentang rumah yang berlantai tiga. Pada lantai pertama rumah tersebut ceritanya banyak kamar mandinya. Lantai keduanya serem, dan lantai ketiganya ada penunggunya. Lama saya merenung untuk membalas sms teman saya ini *caritanya lagi smsan nihh. Dan berhubung karena saya juga bukan seorang yang pandai menafsirkan mimpi. Jadi saya bales aja “mungkin sebelum bobo dirimu tidak mempersiapkannya dengan matang. Misalnya belum cuci tangan kaki, belum minum susu, dan ngk berdoa atau dirimu bobonya kurang manis” hehehehe.. Tapi biar bagaimanapun saya kepikiran juga.. nahh ! klo sudah kepikiran.. biasanya akan terbawah mimpi.. yahh, jadinya sudah seminggu terakhir ini saya mimpi yang aneh-aneh juga.. seminggu full, yang setiap malemnya saya mimpi aneh-aneh terus, tapi ngk jelas mimpi apa. Yang saya inget cuma mimpi ngeliat matahari terbit tapi ngk taonya bukan mimpi.. emg matahari udh terbit alias kesiangan.. *ngiggaaauu .. hahhahhaha

Daripada binun sendiri, mending saya browsing tentang mimpi di google. Usut punya usut ternyata mimpi itu adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, dan perasaan atau indera lainnya dalam tidur. Nahh... kejadian dalam mimpi itu biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata dan di luar kuasa sihh pemimpi.

Back to story my friend. *ahhhaaaiii

Teman saya ini menyatakan klo dalam mimpi itu, dia sadar betul klo dia lagi bermimpi tapi susah banget buat bangun. Nahh, pernyataan ini pastinya sangat bertentangan dengan definisi mimpi di penjelasan tadi bahwa mimpi adalah pengalaman bawah sadar. Oleh karena itu, ternyata dalam ilmu yang memperlajari mimpi atau yang sering disebut oneirologi. Ada yang namanya lucid dreaming. lucid dreaming ini adalah pengecualian dalam mimpi. Artinya sihh pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi, pada saat mimpi tersebut masih berlangsung, sihh pemimpi terkadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut. Sihh pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. *ngingaauu kali yahh :p

Tapi sebagai manusia awam. kita hanya tahu sedikit tentang isi dan tujuan serta makna di balik tabir mimpi kita. Pastinya, gambar, pikiran, dan emosi yang melewati tubuh kita ketika tidur dapat memberi pengaruh besar terhadap kehidupan sehari-hari. Perlu kita ketahui bahwa kata mimpi atau dream berasal dari Bahasa Inggris yang berarti kesenangan dan musik. Katanya saat kita bermimpi otak kanan kita berfungsi secara aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds